PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA SEKOLAH DASAR PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA SEKOLAH DASAR PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA SEKOLAH DASAR PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA SEKOLAH DASAR PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA SEKOLAH DASAR PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA SEKOL
DOI:
https://doi.org/10.63037/ivl.v3i1.58Kata Kunci:
Pendidikan Karakter, Anak, KeluargaAbstrak
Penulisan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan karakter dan pelaksanaan pendidikan karakter anak usia sekolah dasar di dalam keluarga. Lokasi penelitian ini adalah Lingkungan Santa Elisabeth Tanjungselamat dengan informan sepuluh keluarga. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposif sampling dan snowbaal sampling. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah kualitatif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa keluarga telah melaksanakan pendidikan karakter bagi anak di dalam keluarga yang dilaksanakan dalam hidup sehari-hari. Bentuk pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan oleh orangtua dengan mengajarkan anak untuk sopan, ramah, bertanggungjawab, mandiri dalam hidup sehari-hari. Untuk mendidik anak mengenai hidup anak tiap Minggu ikut bersama orangtua dalam perayaan Ekaristi dan juga pada masa Prapaskah