DIFUSI INOVASI MODEL PEMBELAJARAN MENULIS KARYA ILMIAH BERBASIS KONTRUKTIVISME
DOI:
https://doi.org/10.63037/ivl.v4i1.49Keywords:
difusi inovasi, karya ilmiah, konstrusivismeAbstract
Pendekatan yang dilakukan adalah difusi inovatif pendekatan pembelajaran berbasis konstruktivisme sebagai salah satu pendekatan pembelajaran yang sangat efektif terhadap proses pelaksanaan pembelajaran. Selama ini banyak sekolah yang proses pembelajarannya masih bersifat konvensional, dengan kata lain bahwa proses belajar mengajar antara siswa dengan guru hanya dilakukan dengan syarat terjadinya pertemuan antara siswa dengan guru di dalam kelas. Jika pertemuan antara siswa dengan guru tidak terjadi maka secara otomatis proses pembelajaran pun tidak dapat dilaksanakan. Selain itu proses transfer ilmu pengetahuan hampir sepenuhnya dilakukan di dalam kelas dengan metode konventional yang menyebabkan transfer ilmu pengetahuan sangat membosankan bagi siswa. Keadaan seperti ini sangat jelas dapat menghambat proses pembelajaran di sekolah yang dapat berakibat berkurangnya pemahaman siswa terhadap suatu materi pelajaran. Di sisi lain banyak sekolah yang belum memanfaatkan model pembelajaran dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran terkesan kurang menarik dan menantang bagi siswa. Kurang menarik dan menantangnya pembelajaran membuat siswa kesulitan memahami pelajaran yang disajikan oleh guru. Maka perlu ditekankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran dalam mengajar. Jika pembelajaran menarik dan disenangi oleh siswa maka proses pendidikan di sekolah akan mempermudah siswa memahami materi pembelajaran sehingga penyebaran ilmu pengetahuan kepada siswa dapat tercapai