MANAJEMEN DAN INTERAKSI SISWA DALAM KELAS
DOI:
https://doi.org/10.63037/ivl.v4i2.51Keywords:
manajemen, siswa, kelasAbstract
Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan prinsip-prinsip manajemen kelas, pendekatan dalam manajemen kelas, dan kondisi fisik kelas. Prinsip-prinsip manajamen kelas diharapkan ditanamkan oleh guru dalam kelas. Demikian halnya dengan pendekatan dalam manajemen kelas dan lingkungan fisik yang menguntungkan dan memenuhi syarat dalam mendukung meningkatnya intensitas proses pembelajaran dan mempunyai pengaruh positif terhadap pencapaian pembelajaran. Guru sangat berperan dalam mengembangkan pengetahuan peserta didik dalam belajar di kelas. Manajemen kelas merupakan wahana untuk melaksanakan pembelajaran yang menarik dan bervariasi bagi siswa di dalam kelas. Kegiatan manajemen kelas merupakan kegiatan menciptakan dan mempertahankan suasana dan kondisi kelas sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung efektif dan efisien. Maka guru diharapkan menerapkan prinsip-prinsip manajemen kelas, pendekatan dalam manajemen kelas, dan komponen-komponen manajamen kelas sehingga kelas menjadi tempat yang menarik bagi siswa untuk belajar dan hasilnya siswa akan dapat belajar dengan baik