PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Penulis

  • Paulinus Tibo STP St. Bonaventura Keuskupan Agung Medan
  • Thomas Natalisa Tarigan STP St. Bonaventura Keuskupan Agung Medan
  • Jaka Sanjaya STP St. Bonaventura Keuskupan Agung Medan

DOI:

https://doi.org/10.63037/ivl.v4i2.50

Kata Kunci:

guru, bimbingan konseling

Abstrak

Bimbingan konseling bagi siswa merupakan tindakan strategis yang dilakukan sekolah dalam mencegah dan menemukan solusi atas berbagai perilaku, fenomena-fenomena yang dialami siswa di sekolah terutama dalam penelitian ini siswa remaja di tingkat sekolah menengah pertama. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi serta system pengolahan data menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Lokus penelitian adalah SMP Negeri 2 Kutalimbaru-Medan Sumatera Utara dengan sasaran atau yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Guru Bimbingan konseling dan Siswa SMP. Temuan dalam penelitian ini adalah guru telah melakukan perannya sebagai konselor terhadap siswa baik dalam pembentuk karakter individu siswa, karakter moral dan karakter religius

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-31

Cara Mengutip

Tibo, P., Tarigan, T. N., & Sanjaya, J. (2021). PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. IN VERITATE LUX, 4(2), 56–69. https://doi.org/10.63037/ivl.v4i2.50

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama