PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK

Penulis

  • Erikson Simbolon STP St. Bonaventura Delitua Medan
  • R. Ferianus Sagala STP St. Bonaventura Delitua Medan
  • Petrus Simarmata STP. St Bonaventura Delitua Medan

DOI:

https://doi.org/10.63037/ivl.v6i1.17

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan model blended learning, dilihat dari prestasi Akademi peserta didik. Permasalahan penelitian ialah Bagaimana penerapan model benda learning terhadap prestasi akademik peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Katolik kelas XI. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Berastagi. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi serta informan penelitian terdiri atas guru Pendidikan Agama pendidikan Katolik dan peserta didik dengan kunci instrumen peneliti sendiri. Objek penelitian sekaligus sebagai data primer penelitian ialah penerapan model blended learning terhadap prestasi akademik peserta didik yang dilakukan guru Pendidikan Agama Katolik dan peserta didik. Data yang sudah terkumpul dari lapangan akan dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan cara keabsahan data penelitian maka peneliti melakukan triangulasi baik teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model blended learning dapat meningkatkan prestasi akademik siswa dalam pembelajaran pendidikan Agama Katolik.

 

Diterbitkan

2023-03-14

Cara Mengutip

Simbolon, E., Sagala, R. F., & Simarmata, P. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK. IN VERITATE LUX, 6(1), 11–15. https://doi.org/10.63037/ivl.v6i1.17