HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN RESILIENSI AKADEMIK ANAK PANTI ASUHAN
DOI:
https://doi.org/10.63037/ivl.v3i2.64Kata Kunci:
Kecerdasan Emosional, Ketahanan Akademik, Panti AsuhanAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan resiliensi akademik pada anak Panti Asuhan. Subyek penelitian adalah 54 anak Panti Asuhan Betlehem Bandar Baru, Deli Serdang, Sumatera Utara. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah gabungan kuantitatif dengan kualitatif khususnya wawancara. Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berkorelasi positif dan signifikan dengan ketahanan akademik anak panti asuhan. Kecerdasan emosional memberikan kontribusi sebesar 50,2%. Hasil wawancara yang dilakukan kepada pimpinan panti asuhan dan anggota sesepuh mendukung temuan tersebut