SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SEKOLAH DASAR SWASTA SANTO XAVERIUS 1 KABANJAHE

Penulis

  • Johannes Sohirimon Lumbanbatu
  • Roy Pranata Sembiring

DOI:

https://doi.org/10.63037/ivl.v4i2.53

Kata Kunci:

supervisi klinis, kompetensi profesional

Abstrak

Proses pendidikan di sekolah, guru memegang tugas ganda yaitu sebagai pengajar dan pendidik. Sebagai pengajar guru bertugas menuangkan sejumlah bahan pelajaran kedalam otak peserta didik, sedangkan sebagai pendidik guru bertugas membimbing dan membina anak didik agar menjadi manusia susila yang cakap, aktif, kreatif dan mandiri. Supervise pendidikan yang dilakukan kepala sekolah menjadi bagian terpenting dalam peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara, informan adalah Kepala sekolah, Peserta didik dan Guru dengan lokus penelitian adalah SD Swasta Santo Xaverius 1 Kabanjahe. Temuan penelitian adalah Pelaksaanaan supervisi yang dilakukan kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di Sekolah Dasar Swasta Santo Xaverius 1 Kabanjahe terkhusus guru yang telah sertifikasi sudah terlaksana dengan baik. Kompetensi professional guru itu terlihat karena guru telah menguasai materi pembelajaran yang diajarkan, memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam mengajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran seperti laptop, infokus, mendowload media pembelajaran dari internet, memfokuskan ilmu-ilmu yang diajarkan kepada peserta didik sesuai dengan materi atau mata pelajaran yang diajarkan. Guru juga mengembangkan kinerja dirinya dengan mengikuti seminar, penataran dan unit kegiatan guru dan meningkatkan pengabdian kepada masyarakat dengan cara mendidik peserta didik.

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-31

Cara Mengutip

Lumbanbatu, J. S., & Sembiring, R. P. (2021). SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SEKOLAH DASAR SWASTA SANTO XAVERIUS 1 KABANJAHE. IN VERITATE LUX, 4(2), 100–119. https://doi.org/10.63037/ivl.v4i2.53