PERAN GURU AGAMA KATOLIK DENGAN MENINGKATKAN NILAI MORAL PESERTA DIDIK KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA KATOLIK 2 KABANJAHE

Authors

  • Elisa Br Ginting Yogyakarta State University
  • Johannes Sohirimon Lumbanbatu STP. St Bonaventura Delitua Medan
  • Abdi Guna Sitepu STP. St Bonaventura Delitua Medan

DOI:

https://doi.org/10.63037/ivl.v6i1.16

Keywords:

Guru PAK, Peran, Siswa, Nilai Moral

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan Peran Guru Pendidikan agama Katolik meningkatkan nilai moral peserta didik kelas XI di Sekolah Menengah Atas Swasta Katolik 2 Kabanjahe. Permasalahan dalam penelitian ini adanya guru PAK yang belum memahami seutuhnya perannya sebagai tokoh dalam meningkatkan nilai moral siswa seiring perkembangan zaman. Melalui pendekatan kualitatif, data diperoleh dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sasaran penelitian adalah Guru pendidikan agama Katolik dan peserta didik di Sekolah Menengah Atas Swasta Katolik 2 Kabanjahe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru Agama Katolik sudah melaksanakan tugasnya sebaik mungkin dengan meningkatkan nilai moral peserta didik dan peserta didik memiliki moral yang baik. Guru berperan sebagai model, teladan, pendidik dan gembala. Nilai moral yang dimiliki peserta didik ialah religius, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan mandiri.

Downloads

Published

2023-03-14

How to Cite

Br Ginting, E., Lumbanbatu , J. S., & Sitepu, A. G. (2023). PERAN GURU AGAMA KATOLIK DENGAN MENINGKATKAN NILAI MORAL PESERTA DIDIK KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA KATOLIK 2 KABANJAHE. In Veritate Lux : Jurnal Ilmu Kateketik Pastoral Teologi, Pendidikan, Antropologi, Dan Budaya, 6(1), 58–67. https://doi.org/10.63037/ivl.v6i1.16

Most read articles by the same author(s)