PENGGUNAAN PLATFORM E-LEARNING DALAM PERKULIAHAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENDAMPINGAN MAHASISWA SEBAGAI CALON PEKERJA PASTORAL DI STAKAT NEGERI PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.63037/ivl.v5i1.40Kata Kunci:
e-learning, Pendampingan, Calon Guru PAKAbstrak
Penelitian dengan tema di atas merupakan hasil penelitian yang dilatarbelakangi oleh pengaruh situasi pandemi covid-19, yang mengakibatkan adanya perubahan dari sistem perkuliahan secara luring menjadi daring. Hal ini berdampak pada proses pendampingan mahasiswa di STAKat Negeri Pontianak. Kegiatan-kegiatan rutin pendampingan hidup rohani oleh dosen yang biasanya dilaksanakan setiap hari pada pagi hari menjadi terhenti sejak pandemi hingga saat ini memasuki tahun ke 3 tanpa tatap muka langsung. Realitas yang terjadi pengaruh dari pergeseran sistem pembelajaran ini mengakibatkan proses perkuliahan tidak sepenuhnya optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggali bagaimana para Dosen di STAKat Negeri Pontianak dapat menggunakan e-learning, apa saja platform e-learning yang digunakan, pengaplikasian, apa kendala, serta apakah tujuan akhir dalam pengajaran tersampaikan kepada sasaran (mahasiswa)? penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah para dosen di STAKat Negeri Pontianak. Proses perkuliahan yang awalnya secara luring dilaksanakan khususnya sebagai perguruan tinggi yang menghasilkan calon-calon Guru Agama Katolik, Katekis, merupakan upaya untuk membentuk para calon pekerja pastoral yang berilmu dan beriman, berperilaku baik, bukan hanya membuat manusia pintar. Dalam proses perkuliahan yang terjadi secara daring kurang lebih menuju 3 tahun belakangan ini, diharapkan bahwa pengetahuan yang disampaikan bukan hanya diketahui dan ditelaah begitu saja tetapi apakah dipahami dengan sungguh-sungguh serta pengaplikasian dalam hidup sehari-hari dalam tindakan nyata. Oleh karena itu para calon pekerja pastoral ini harus tetap mengalami proses pembentukan atau pembinaan diri melalui pendampingan hidup rohani. Temuan dari hasil penelitian ini adlah meskipun di tengah situasi pandemi Covid-19, para dosen khususnya dosen Katolik dalam perannta berupaya semaksimal mungkin untuk belajar menggunakan aplikasi e-learning, menjalankan perkuliahan dengan tetap memperhatikan segala aspek kognitif dan pendampingan hidup rohani para calon pekerja pastoral