The PRINSIP KEBENARAN DALAM MEDIA SOSIAL MENURUT INTER MIRIFICA (Upaya Memperbaiki Kodrat Tujuan Komunikasi Manusia)

Penulis

  • Andreas Jama STFT Widya Sasana
  • Deni Daniel No Daniel No Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana, Malang, Indonesia

Kata Kunci:

kebenaran, media sosial, Inter Mirifica, komunikasi

Abstrak

Penelitian ini menaruh perhatian pada tema prinsip kebenaran dalam media komunikasi sosial yang terkandung dalam dokumen Inter Mirifica, yang merupakan salah satu dekret hasil konsili ekumenis Gereja Katolik Roma atau yang dikenal sebagai Konsili Vatikan II. Tujuannya adalah untuk memperbaiki kodrat tujuan komunikasi manusia, yaitu menyampaikan kebenaran, dimana saat ini telah dirusak oleh pesat dan cepatnya perkembangan teknologi komunikasi. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Penulis mengandalkan berbagai literatur seperti buku, artikel jurnal, koran, dan internet sebagai sumber utama informasi, kemudian dieksplorasi dan dikorelasikan dengan tema penelitian ini. Penelitian ini menemukan bahwa prinsip kebenaran dalam media komunikasi yang ditawar Inter Mirifica adalah keakuratan, kebermanfaatan, dan kontribusi terhadap kesejahteraan umum serta pengembangan pribadi dan sosial. Dengan memperhatikan dan mengindahkan prinsip-prinsip tersebut dalam menyebarkan informasi kepada publik, para pelaku media sosial dapat menjadi agen untuk memperbaiki kodrat tujuan komunikasi manusia yang saat ini telah rusak oleh kemajuan teknologi komunikasi.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-30

Cara Mengutip

Jama, A., & Daniel No, D. D. N. (2024). The PRINSIP KEBENARAN DALAM MEDIA SOSIAL MENURUT INTER MIRIFICA (Upaya Memperbaiki Kodrat Tujuan Komunikasi Manusia). IN VERITATE LUX, 7(2), 113–126. Diambil dari http://e-jurnalstpbonaventura.ac.id/index.php/JURKAPS/article/view/91