TUGAS GURU AGAMA KATOLIK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Penulis

  • Din Oloan Sihotang STP St. Bonaventura Keuskupan Agung Medan

DOI:

https://doi.org/10.63037/ivl.v2i1.65

Kata Kunci:

agama Katolik, pendidikan karakter

Abstrak

Pendidikan Agama di sekolah merupkan tugas seluruh umat keristiani terutama Guru. Kehadiran guru agama katolik merupakan orang tua peserta didik dalam mengembangkan iman anak. Pendidikan agama katolik merupakan usaha gereja dalam mengambil bagin trigugas Yesus sebagai Nabi, imam, dan Raja. Tugas Yesus sebagai Nabi yakni mengajar, guru agama katolik di beri tugas dan kepercayaan untuk membentuk manusia seutuhnya, mendidik peseta didik agar mampu mengambangkan imannyadan dapat mengintegrasiknnya dengan kehidupan sehari-hari. Guru agama katolik hendaknya mampu membentuk kepribadian peserta didik menjadi anak yang beriman dan memiliki karakter baik dalam kehidupannya sehari-hari. Mengajar agama katolik di sekolah adalah tugas dari guru agama katolik. Mengajar dan mendidik bukan hanya transfer pengetahuan iman, tetapi titik pangkalnya adalah dapat membentu peserta didik untuk lebih mengenal Allah. Melaksanakan kegiatan-kegiatan yang membawa peserta didik ke ara yang dapat mengenal, mencintai Allah dan sesama manusia juga. Penelitian dalam menemukan berbagai mavam sumber data dengan melakuka pendekatan kuantitatif di sekilah dasar katolik, dengan Teknik opserfasi, wawancara dan dokumentasi. Temuan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan tugas guru agama katolik cukup membentuk peserta didik dalam nilai-nilai karakter, nilai karakter hubungannya dengan Tuhan, nilai karakter denga diri sendiri, nilai karakter dengan diri sendiri.dan nili karakter dengan sesama. Peserta didik akan lebih memahami bagaimana cara untuk menanam nilai-nilai kehidupan dalam keseharian melalui tugas guru agama katolik di sekolah dasar Katolik.

Unduhan

Diterbitkan

2019-02-28

Cara Mengutip

Sihotang, D. O. (2019). TUGAS GURU AGAMA KATOLIK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK . IN VERITATE LUX, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.63037/ivl.v2i1.65