KORELASI PENDIDIKAN IMAN KATOLIK DALAM KELUARGA DENGAN RELIGIUSITAS ANAK DI STASI SANTO PAULUS CABANG KIRI PAROKI SANTO FIDELIS SUNGAI AMBAWANG

Penulis

  • Aldi Alfrianza Sinulingga STP St. Bonaventura Keuskupan Agung Medan

DOI:

https://doi.org/10.63037/ivl.v4i2.54

Kata Kunci:

Iman Katolik Keluarga, Religiusitas Anak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi Pendidikan Iman Katolik dalam Keluarga dengan Religiusitas Anak di Stasi Santo Paulus Cabang Kiri Paroki Santo Fidelis Sungai Ambawang. Latar belakang penulisan penelitian ini yakni pendidikan iman dianggap penting, akan tetapi religiusitas yang menjadi muara dalam pendidikan iman masih terabaikan dalam sebuah proses pendidikan dalam keluarga. Religiusitas menjadikan manusia bukan hanya beragama atau memiliki agama melainkan memiliki keagamaan yang hidup dan dihidupi. Religiusitas itu meliputi seberapa besar keyakinan terhadap agamanya, praktik-praktik keagamaannya, pengalaman keagamaannya, pengetahuan tentang agamanya dan konsekuensinya dalam memilih agama yang dianutnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner dan wawancara. Uji analisis data menggunakan analisis Sequential Explanatory. Adapun yang menjadi sasaran dalam penelitian ini yakni pendidikan iman Katolik dalam keluarga dan hubungannya dengan religiusitas anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan iman Katolik dalam keluarga dilaksakan dengan baik. Oleh karena itu, terdapat hubungan positif dan signifikan antara pendidikan iman Katolik dalam keluarga dengan religiusitas anak di stasi Santo Paulus Cabang Kiri Paroki Santo Fidelis Sungai Ambawang

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-31

Cara Mengutip

Sinulingga, A. A. (2021). KORELASI PENDIDIKAN IMAN KATOLIK DALAM KELUARGA DENGAN RELIGIUSITAS ANAK DI STASI SANTO PAULUS CABANG KIRI PAROKI SANTO FIDELIS SUNGAI AMBAWANG. IN VERITATE LUX, 4(2), 120–125. https://doi.org/10.63037/ivl.v4i2.54