PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DALAM MENCAPAI TUJUAN INTRUKSIONAL
Kata Kunci:
media pembelajaran, tujuan intruksionalAbstrak
Pembelajaran sebagai interaksi antara pendidik dan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan. Pembelajaran yang efektif dapat memudahkan siswa sehingga dapat mendukung tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan. Pembelajaran yang berhasil harus dapat menyesuaikan kebutuhan masing-masing siswa dengan melihat setiap aspek penting yang dibutuhkan, seperti media pembelajaran yang akan dipakai.. Media pembelajaran merupakan alat atau sarana yang digunakan untuk penyampaian informasi yang dalam rangka mencapai tujuan pembalajran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahaui pemanfaatan media untuk pembelajaran supaya tercapainya tujuan instruksional guna menigkatkan kompetensi belajar siswa. Media yang dibuat guru harus relevan dengan meteri yang akan diajarkan supaya dapat dengan mudah menilai sejauh mana tujuan pembelajaran yang telah dicapai. Namun demikian, perlu diketahui media pembelajaran memiliki setiap kelebihan serta kekuangan dalam mencapai tujuan instukrional. Media pembelajaran perlu memperhatikan apa yang benar-benar dibutuhkan guru serta siswa guna pencapai tujuan instukrional yang memaksimalkan tujuan perilaku. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka, menggunakan berbagai data dari jurnal dan artikel yang ada. Dengan menggunakan teori-terori yang sudah ada sebelumnya, penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penulis akan menjelaskan dan mendeskripsikan mengenai pemanfaatan media pembelajaran dalam mencapai tujuan instruksional.
Kata kunci: media, pembelajaran, tujuan intruksional