UPAYA PENGEMBANGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN CALON GURU PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DI STAKAT NEGERI PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.63037/ivl.v6i1.14Abstrak
Masalah dalam penelitian dengan judul “Upaya Pengembangan Kompetensi Kepribadian Calon Guru PAK di STAKat Negeri Pontianak” ini adalah kompetensi kepribadian calon guru Pendidikan Agama Katolik dan bagaimana upaya pengembangan kompetensi kepribadian tersebut. Bentuk penelitian yang digunakan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mendalami terkait kompetensi kepribadian calon guru serta bagaimana upaya pengembangan kompetensi kepribadian tersebut. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Temuan dalam penelitian ini adalah para tenaga pendidik dan calon guru Pendidikan Agama Katolik memahami indikator-indikator kompetensi kepribadian seorang guru. Tetapi dalam upaya pengembangan kompetensi kepribadian berdasarkan sila pastoral dasar sangat rendah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dilakukannya Focus Group Discussion (FGD) terkait dengan upaya pengembangan kompetensi kepribadian para calon guru Pendidikan Agama Katolik demi penguatan bobot atau kualitas rohani diri sendiri guru Pendidikan Agama Katolik itu sendiri.