PERAN GURU AGAMA KATOLIK DI ERA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK
DOI:
https://doi.org/10.63037/ivl.v7i1.74Keywords:
Generasi , Digital, Pembelajaran Agama KatolikAbstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang dugaan bahwa kebanyakan Guru Agama Katolik di jaman sekarang, kurang memberikan akses terhadap pembaharuan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan jaman serta sesuai dengan perkembangan psikologis siswa. model pembelajaran yang disajikan masih seperti ketika para guru berada pada masa ketika mereka hidup di jaman lalu dan berbeda dengan jaman sekarang ini. Siswa di jaman sekarang membutuhkan sebuah pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik generasi mereka, yaitu generasi milenial. Tujuan dari penelitian ini adalah menyajikan cara-cara yang harus dilakukan oleh guru-guru Agama Katolik dalam kegiatan pembelajaran dalam konteks pembelajaran agama katolik. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Guru PAK 1) harus memahami perkembangan teknologi digital; 2) menghindari perilaku otoriter dalam proses pembelajaran dan pembinaan; 3) memperhatikan pembentukan emosi dan perasaan siswa; 4) interaksi dalam pembelajaran dapat terjadi secara online / daring; 5) memberikan rasa kepercayaan terhadap akses siswa terhadap dunia digital.