KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI DI SMP KATOLIK STELLA MARIS TOMOHON
DOI:
https://doi.org/10.63037/ivl.v5i2.7Keywords:
: Kompetensi Profesional, Guru PAK-BPAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti di SMP Katolik Stella Maris Tomohon, yakni mengenai realitas pelaksanaan kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti, mengetahui faktor penghambat peningkatan kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti di sekolah, dan upaya-upaya peningkatan kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil analisis data dan pembahasan, dapat diambil kesimpulan yaitu: Realitas pelaksanaan kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti di SMP Katolik Stella Maris Tomohon sudah berjalan sesuai dengan visi dan misi sekolah, hal ini terwujud dalam proses pembelajaran. Walaupun ada tugas-tugas tambahan tidak menjadi beban bagi guru dalam memberikan pengajaran dengan baik, faktor-faktor penghambat peningkatan kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti baik yang berasal di dalam diri dan di luar diri itu diakibatkan oleh berbagai hal akhirnya berdampak pada kompetensi profesional guru dalam mengajar, dan upaya untuk meningkatkan kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti perlu diwujudkan dengan tindakan nyata, terpenting ialah guru membuka diri untuk adanya perubahan dalam mengembangkan kompetensi profesionalnya.