PERAN GURU AGAMA KATOLIK DI ERA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK

Authors

  • Sergius Lay STP Dian Mandala Gunungsitoli
  • Paulinus Kanisius Ndoa STP Dian Mandala Gunungsitoli
  • Martina Rosmaulina Marbun STP Dian Mandala Gunungsitoli

DOI:

https://doi.org/10.63037/ivl.v7i1.74

Keywords:

Generasi , Digital, Pembelajaran Agama Katolik

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang dugaan bahwa kebanyakan Guru Agama Katolik di jaman sekarang, kurang memberikan akses terhadap pembaharuan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan jaman serta sesuai dengan perkembangan psikologis siswa. model pembelajaran yang disajikan masih seperti ketika para guru berada pada masa ketika mereka hidup di jaman lalu dan berbeda dengan jaman sekarang ini. Siswa di jaman sekarang membutuhkan sebuah pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik generasi mereka, yaitu generasi milenial. Tujuan dari penelitian ini adalah menyajikan cara-cara yang harus dilakukan oleh guru-guru Agama Katolik dalam kegiatan pembelajaran dalam konteks pembelajaran agama katolik. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Guru PAK 1) harus memahami perkembangan teknologi digital; 2) menghindari perilaku otoriter dalam proses pembelajaran dan pembinaan; 3) memperhatikan pembentukan emosi dan perasaan siswa; 4) interaksi dalam pembelajaran dapat terjadi secara online / daring; 5) memberikan rasa kepercayaan terhadap akses siswa terhadap dunia digital.

Published

2024-02-28

How to Cite

Lay, S., Ndoa, P. K., & Marbun, M. R. (2024). PERAN GURU AGAMA KATOLIK DI ERA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK. In Veritate Lux : Jurnal Ilmu Kateketik Pastoral Teologi, Pendidikan, Antropologi, Dan Budaya, 7(1), 18–32. https://doi.org/10.63037/ivl.v7i1.74