MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA DALAM PEWARTAAN INJIL DI ZAMAN MODERN

Authors

  • Rismaida Hotamaria Sipayung STP - IPI Malang
  • Teresia Noiman Derung Sekolah Tinggi Pastoral-Institut Pastoral Indonesia Malang

Keywords:

Media sosial, pewartaan injil, sarana, zaman modern

Abstract

Penelitian ini bertujuan ingin melihat sejauh mana media sosial menjadi sarana pewartaan injil di zaman modern ini. Media sosial sebagai sarana pewarataan injil tentu saja menjadi hal yang baik dalam Gereja Katolik. Hal ini berarti Gereja mengikuti perkembangan zaman dan memanfaatkannya untuk mewartakan kerajaan Allah di tengan dunia dewasa ini. Mewartakan kerajaan Allah di zaman modern ini mesti memanfaatkan kecanggihan media sosial sebagai sarana dalam pewartaan injil yang tidak terhalang oleh jarak dan waktu. Terdapat beberapa jenis media sosial yang dapat digunakan untuk karya pewartaan seperti; blog, Facebook, Youtube, whatsApp, tik-tok, Instagram dan Twiter. media sosial tersebut sangat berperan penting dalam karya pewartaan Injil. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini ialah metode kepustakaan. Evangelii nuntiandi sebagai sumber utama dalam penelitian ini. Penulis menyimpulkan media sosial menjadi sarana baru dalam pewartaan Injil dan segala kemudahannya justru menjawab kekhawatiran Gereja terhadap arus deras perkembangan teknologi pada zaman modern karena kehadiran media sosial membawah harapan baru bagi Gereja untuk mempermudah tugas pewartaan Injil di zaman modern ini

Published

2024-02-28

How to Cite

Sipayung, R. H., & Derung, T. N. (2024). MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA DALAM PEWARTAAN INJIL DI ZAMAN MODERN. In Veritate Lux : Jurnal Ilmu Kateketik Pastoral Teologi, Pendidikan, Antropologi, Dan Budaya, 7(1), 75–82. Retrieved from https://e-jurnalstpbonaventura.ac.id/index.php/JURKAPS/article/view/33